Entri Populer

Selasa, 10 November 2009

NASIB SENIMAN BULUNGAN


"mati segan hidup tak mau", mungkin nampak itulah ungkapan kurang enak namun melekat bagi seniman-seniman bulungan saat ini.

sesungguhnya bulungan punya banyak Maestro Seni yang tak kalah seperti seniman lainnya, namun kretifitas mereka terhambat karena medianya memang tidak begitu memungkinkan, tengok saja seni ukir bulungan, bisa dikatakan sudah tidak banyak orang bulungan yang mewarisi khazanah seni bermutu tinggi ini, seharusnya bukan hanya seniman tapi pemerintah daerah juga harus berpartisifasi dalam menjaga dan melestarikan seni ukir bulungan ini.

banyak cara untuk melestarikan seni ukir bulungan setidaknya harus ada buku yang disusun secara mendalam tentang seni ukir bulungan, baik itu ragam, motif, makna filosofis dan lain sebagainya, begitu pula harus ada usaha serius melestarikan dan mengembankannya untuk industri kreatif. ini bukan hanya melibatkan para budayawan maupun para seniman bulungan namun juga PEMDA Kab Bulungan, agar seni budaya kita tidak hilang dimakan masa.

note:
lukisan: Kemarau Bulungan, 08-08-1987, Karya Dt Aziz Saleh Masyur (DASMAN), foto koleksi Muhammad Zarkasy

4 komentar:

  1. Dear Sir;

    On kranten.kb.nl you can find old info about Boeloengan.
    This is 400 years of newspapers Holland/Hindia Belanda, etc. in Bahasa Belanda.You can download it and then let rtranslate it via Google translation.
    Now until 1946,later until 1990.

    Do yiou know,if in november there will be a new sultan penobatan of Bulungan?

    I shall go to Bulungan in november during FSKN royal festival.Maybe we can meet.You alerady saw the 2nd picture of Sultan of Boeloengan on the KITLV site?Ca. 1892.

    Salam hormat:
    DP Tick
    pusaka.tick@tiscali.nl

    BalasHapus
  2. Waalaikum salam...

    Dear Mr DP Tick.

    terimaksih atas alamat situsnya, saya sangat terbantu untuk mempelajari sejarah dan informasi mengenai Bulungan pada majalah dan koran tempo dulu milik belanda yang disimpan dalam arsip "kranten.kb.nl", sekali lagi saya ucapkan terimaksih banyak.

    salam hangat dari saya...

    BalasHapus
  3. terharu melihat lukisan ini,,,,,,,,,

    BalasHapus
  4. terimaksih, lukisan itu adalah salah satu karya seniman Bulungan yang saya kagumi, Dt Aziz Saleh Masyur atau lebih dikenal dengan nama DASMAN, beliau adalah salah satu maestro seni, khususnya seni lukis dan ukir dari bulungan

    BalasHapus